Tubuh Anda Lemas Ketika Puasa? Coba Tips Ini..

Tubuh Lemas Ketika Puasa | Umat Islam diwajibkan untuk menahan makan dan minum dari matahari terbit sampai matahari tenggelam selama bulan Ramadhan. Selama bulan ini, umat Muslim yang telah baligh dan tidak berhalangan wajib melakukan puasa. Tetapi selama melakukan puasa, banyak kondisi yang membuat kita merasa lemas sehingga kualitas kerja dan ibadah menurun.

Berikut ini tips agar tubuh tidak mudah lemas ketika sedang berpuasa:

1.Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh
Meminum dua liter air putih setiap hari secara teratur. Yaitu ketika sahur, berbuka, dan setelah solat taraweh dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang bertujuan untuk menghindari dehidrasi. Mengurangi minuman manis juga disarankan karena dapat merangsang rasa haus cepat muncul.

2.Mengkonsumsi Sayuran dan Buah Secukupnya
Buah dan sayuran banyak mengandung cairan, seperti semangka, melon, tomat, dan jeruk sangat membantu ketersediaan cairan tubuh selama berpuasa. Selain kaya air, buah-buahan juga kaya akan nutrisi yang membantu mencukupi asupan stamina dan energi. Sehingga selama berpuasa, Anda tidak akan merasa lemas.

3.Meminum Susu
Banyak Studi menunjukkan bahwa susu membantu kecukupan cairan tubuh, disamping kandungan protein, elektrolit, kalsium dan sebagainya yang bagus untuk kesehatan. Untuk mencegah dehidrasi pada anak-anak, Anda dapat memberikan susu saat sahur dan setelah berbuka puasa. Apabila anak Anda alergi terhadap laktosa, susu kedelai (soya milk) dapat menjadi alternatif.

4.Hindari Meminum Minuman yang berkafein dan bersoda.
Studi membuktikan bahwa kafein dalam kopi bertindak sebagai diuretik, yang menyebabkan buang air kecil berlebihan setelah meminumnya dan mengakibatkan dehidrasi. Ketika mengalami dehidrasi, tubuh bisa menjadi lemas, pusing, bahkan pingsan. Sehingga hindari atau kurangi minuman berkafein dan bersoda baik setelah berbuka maupun hendak sahur.

5. Istirahat Secukupnya
Tidur siang yang berlebihan ketika berpuasa dapat menjadikan anda lemas dan merasa malas. Biasakanlah beraktifitas dengan melakukan pekerjaan ringan ataupun olahraga ringan yang tidak terlalu mengeluarkan banyak energi, dengan begitu anda akan merasa segar dan tidak lemas ketika berpuasa.
Dengan melakukan beberapa tips diatas semoga selama beribadah puasa Anda tidak merasa lemas, sehingga ibadah serta aktivitas sehari-hari yang Anda lakukan dapat berjalan lancar dan tidak terganggu.

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar