Manfaat Buah Sirsak Untuk Penyakit Kanker?


Ada banyak nama untuk buah yang satu ini. Graviola, guanabana, paw paw, dan custard apple ialah salah satunya. Di Indonesia pun buah ini juga mempunyai banyak nama daerah yaitu nangka buris, nangka londo, boh lona, durian betawi, srikaya jawa, dan lain lain. Tetapi apakah benar buah sirsak dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk mengatasi kanker?



Penyakit kanker dan manfaat buah sirsak

Buah sirsak diketahui mengandung senyawa fitokimia yang mempunyai sifat sebagai anti tumor. Senyawa yang disebut dengan acetogenin annonaceous ini telah diujicoba pada penderita kanker payudara yang kebal terhadap obat kemoterapi. Hasilnya cukup menjanjikan, karena acetogenin annonaceous yang terdapat dalam buah sirsak menunjukkan efek anti tumor dan kemoterapi. Pada penelitian lanjutan yang dipimpin oleh peneliti dari Taiwan, fitokimia ini juga menunjukkan kemampuannya dalam membunuh sel-sel kanker hati.

Beberapa jenis kanker diketahui dapat mengembangkan sistem kekebalan terhadap obat-obatan kemoterapi yang digunakan selama perawatan. Jenis-jenis kanker tersebut termasuk diantaranya adalah kanker payudara, kanker rahim, kanker kolorektal, dan kanker paru-paru. Dalam banyak kasus, sel-sel kanker yang kebal dengan obat kemoterapi dapat tumbuh tidak terkendali dan berkembang dengan pesat. Menurut sebuah lembaga kesehatan, tumor yang kebal terhadap obat-obatan ini memiliki pompa molekuler yang mencegah obat kemoterapi memasuki sel-sel kanker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar