Junk Food Bisa Menghambat Perkembangan Otak Janin!

Junk Food Bisa Menghambat Perkembangan Otak Janin!| Ibu hamil biasanya banyak makan, tetapi disarankan bukan makan makanan junk food atau cepat saji, melainkan makanan yang bergizi. Ini adalah larangan dari para dokter dan praktisi kesehatan karena junk food bisa menghambat perkembangan otak anak.

Penting untuk diketahui bahwa makanan cepat saji (fast food) kurang mengandung zat gizi yang sangat dibutuhkan janin. Justru yang digunakan ialah zat pewarna kimiawi, perasa palsu, pengawet, pemutih dan pengasam. Zat-zat ini memicu tumbuhnya banyak penyakit. Sebut saja penyakit jantung, hipertensi, diabetes, dan kanker. Parahnya lagi, perkembangan otak janin bisa terhambat.


Hal ini dibuktikan oleh peneletian yan dilakukan sejumlah peneliti dari Australia terhadap dua kelompok tikus. Dari dua kelompok tikus itu salah satunya diberi makanan junk food, dan salah satunya tidak diberikan makanan junk food. Hasil akhir menunjukkan, setelah melalui proses penelitian yang rumit, bahwa anak tikus yang dilahirkan akan kecanduan junk food dibandingkan dengan anak tikus yang lahir dari induk yang tidak diberi makanan junk food.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh langsung dari kebiasaan konsumsi makanan ibu ketika hamil terhadap anak yang akan dilahirkan nantinya. Hasil penelitian ini diharapkan bisa mempengaruhi ibu-ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan bergizi selama masa kehamilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar